Wednesday, February 1, 2017

Beasiswa Indonesia Timur Program Magister dan Doktoral 2017

Beasiswa Pendidikan Indonesia (BPI) Program Magister dan Doktoral adalah program beasiswa yang dibiayai oleh pemerintah Indonesia melalui pemanfaatan Dana Pengembangan Pendidikan Nasional (DPPN). Beasiswa ini bertujuan untuk mendukung ketersediaan sumber daya manusia Indonesia yang berpendidikan dan berkualitas serta memiliki jiwa kepemimpinan yang tinggi serta mempunyai visi masa depan bangsa yang kuat sebagai pemimpin Indonesia masa depan. Dikelola oleh Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP), dana tersebut digunakan untuk pembiayaan studi lanjut program Magister atau program Doktoral pada Perguruan Tinggi di dalam maupun luar negeri. Beasiswa Program Magister dan Doktoral diperuntukkan bagi Warga Negara Indonesia (WNI) yang mempunyai kemampuan akademik yang unggul dan jiwa kepemimpinan yang kuat serta berkeinginan untuk melanjutkan studinya.

Beasiswa Pendidikan Indonesia (BPI) Program Magister dan Doktoral adalah program beasiswa yang dibiayai oleh pemerintah Indonesia

Di tahun 2017 ini, Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) melalui Program Beasiswa Indonesia Timur, kembali menyalurkan bantuan biaya pendidikan program magister dan program doktoral. Beasiswa Indonesia Timur adalah program beasiswa afirmasi program magister dan doktoral di Perguruan Tinggi Luar Negeri terbaik di Negara Amerika Serikat, Jepang, dan Korea Selatan. Beasiswa tersebut khusus diberikan kepada penduduk asli dari Provinsi Maluku, Maluku Utara, Nusa Tenggara Timur, Papua, dan Papua Barat. Pendaftaran Beasiswa Indonesia Timur dibuka pada tanggal 16 Januari 2017 dan akan ditutup pada tanggal 12 April 2017.

Persyaratan Umum Peserta Beasiswa Indonesia Timur adalah sebagai berikut:

A. Pendaftar Beasiswa Program Magister:

1. Telah menyelesaikan studi Program Sarjana atau Sarjana Terapan.
2. Berusia maksimal 40 (empat puluh) tahun pada 31 Desember 2017.
3. Memiliki LoA Unconditional dari Perguruan Tinggi Tujuan.
4. Bagi Pendaftar tidak memiliki LoA Unconditional, Pendaftar wajib memiliki:
  • IPK sekurang-kurangnya 3,00 (skala 4,00).
  • Memiliki sertifikat resmi kemampuan bahasa Inggris dengan ketentuan skor TOEFL ITP® sekurang-kurangnya 400, skor TOEFL iBT sekurang-kurangnya 33, atau skor IELTS sekurang-kurangnya 4,5.
6. Sanggup menyelesaikan studi Program Magister paling lama 2 (dua) tahun.
7. Menulis rencana studi sesuai dengan Program Studi Magister pada Perguruan Tinggi Tujuan.

B. Pendaftar Beasiswa Program Doktoral:

1. Telah menyelesaikan studi Program Magister.
2. Berusia maksimal 45 (empat puluh lima) tahun pada 31 Desember 2017.
3. Memiliki LoA Unconditional dari Perguruan Tinggi tujuan.
4. Bagi Pendaftar yang tidak memiliki LoA Unconditional, Pendaftar wajib memiliki:
  • IPK sekurang-kurangnya 3,25 (skala 4,00).
  • Memiliki sertifikat resmi kemampuan bahasa Inggris dengan ketentuan skor TOEFL ITP® sekurang-kurangnya 450, skor TOEFL iBT sekurang-kurangnya 45, atau skor IELTS sekurang-kurangnya 5.
5. Sanggup menyelesaikan studi Program Doktoral paling lama 4 (empat) tahun.
6. Melampirkan ringkasan proposal penelitian.

Metode Pendaftaran Beasiswa Indonesia Timur:

Pendaftaran Beasiswa Indonesia Timur bisa dilakukan dengan dua cara yakni online dan offline. Pendaftaran dengan cara online bisa Anda lakukan di Beasiswa Indonesia Timur. Bagi pendaftar yang berprofesi sebagai dosen dan sudah memiliki NIDN / NIDK, sudah tidak diperkenankan untuk mendaftar beasiswa melalui program beasiswa LPDP. Pendaftar yang berprofesi sebagai dosen dan sudah memiliki NIDN / NIDK diharapkan untuk mendaftar melalui program Beasiswa Unggulan Dosen Indonesia (BUDI) yang juga merupakan kerjasama LPDP dengan Kemenristekdikti. Program Beasiswa BUDI dapat diakses di Beasiswa BUDI.

Sedangkan pendaftar yang ingin melakukan pendaftaran dengan cara offline, bisa Anda lakukan di:
  • Bagi Pendaftar yang berdomisili di Provinsi Maluku, Anda bisa mendaftar pada Kantor Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Maluku, Jl. A. Yani, Batu Gajah, Ambon (97124).
  • Bagi pendaftar yang berdomisili di Provinsi Maluku Utara, Anda bisa mendaftar pada Kantor Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Maluku Utara, Jl. SMA 8 Kota Ternate (Eks. Kantor Gapensi Kota Ternate).
  • Bagi pendaftar yang berdomisili di Provinsi Nusa Tenggara Timur, Anda bisa mendaftar pada Kantor Kantor BKD Provinsi NTT, Jl. Basuki Rahmat No. 1, Kupang, NTT.
  • Bagi pendaftar yang berdomisili di Provinsi Papua, Anda bisa mendaftar pada Kantor Badan Diklat Provinsi Papua, Jl. Kotaraja Dalam No. 100, Kotaraja, Kota Jayapura, Papua.
  • Bagi pendaftar yang berdomisili di Provinsi Papua Barat, Anda bisa mendaftar pada Kantor Dinas Pendidikan Provinsi Papua Barat, Kompleks Perkantoran Gubernur Arfai, Manokwari.
Informasi melalui artikel Beasiswa Indonesia Timur Program Magister dan Doktoral 2017 semoga bisa bermanfaat, utamnya untuk anda yang ingin melanjutkan pendidikan pada program magister maupun program doktoral.

OLD NEWSPAPER
Share this article to your friends :

0 comments:

Post a Comment

Follow me on Blogarama